Tips Membedakan Uang Asli dan Palsu

Uang palsu adalah uang yang dicetak atau dibuat oleh perseorangan maupun perkumpulan/sindikat tertentu dengan tujuan uang palsu hasil cetakannya dapat berlaku sesuai nilainya dengan sebagaimana mestinya. Untuk mendeteksi, mengidentifikasi ataupun melihat perbedaan antara uang yang asli dengan uang palsu diperlukan teknik analisis yang cukup sederhana dan bisa dilakukan siapa saja dengan mudah. Langkah cara 3D tersebut ialah :

1.Dilihat
Lihatlah uang yang anda miliki, apakah warnanya pudar, kusam, pucat, luntur, patah-patah, atau masalah lainnya. Pastikan uang yang anda periksa tadi memiliki warna, corak dan gambar yang baik serta memiliki tanda-tanda uang asli seperti tanda air yang menggambarkan pahlawan-pahlawan nasional, bahan kertas serta benang tali pengaman yang berada di dalam uang tersebut. Uang-uang pecahan besar biasanya memiliki tanda keaslian lain seperti corak gambar dengan warna yang mencolok dan sulit ditiru penjahat. Pastikan uang itu benar-benar asli.
.

2. Diraba
Usaplah uang tersebut apakah uang itu terasa kasar atau lembut. Uang yang asli biasanya agak kaku dan tebal bahan kertasnya. Di samping itu pada angka atau gambar uang biasanya sengaja dicetak agak menonjol dan akan terasa jika diusap-usap. Rabalah uang anda apakah sudah asli atau belum.

3. Diterawang
Langkah yang terakhir adalah menerawangkannya ke sumber cahaya kuat seperti matahari dan lampu. Setelah diterawang lihatlah bagian tali pengaman dan tanda mata air apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Catatan :
Saat ini sudah ada alat yang dapat di gunakan untuk memeriksa apakah secarik uang itu asli atau palsu. Anda bisa menggunakan alat yang memendarkan sinar ultra violet untuk menentukan itu asli atau palsu. Anda bisa mencari alat deteksi uang palsu tersebut di mana saja. Yang anda butuhkan hanyalah menyalakan alat tersebut dan mendekatkan bagian tertentu dengan uang yang diperiksa. Uang yang asli akan menampilkan sesuatu yang memendar cahaya.

Tips Memilih Bank yang baik dan aman. Di sektor perbankan. Pemerintah telah melindungi dana nasabah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Lembaga ini akan menjamin setiap dana nasabah apabila terjadi sesuatu yang tidak menguntungkan te...

Selanjutnya
Tips Mengelola Keuangan Keluarga Masalah keuangan adalah hal yang umum dialami dalam sebuah keluarga,, apalagi di tahun-tahun pertama menjalani kehidupan berumahtangga. Belum lagi si kecil tak lama kemudian hadir di tengah Anda dan p...

Selanjutnya
Tips Cegah Kejahatan Perbankan ...

Selanjutnya